Sunday, January 06, 2008

History Gospel of Kingdom Church




Sekilas Cikal Bakal Gereja JKI Injil Kerajaan Semarang

Awal 1979 terjadi kegerakan Illahi, di mana pada acara malam "Malam Oikumene SLTA", sekitar 400 pelajar Semarang mengalami jamahan kasih Allah - radikal berbalik kepada Tuhan Yesus.

Kegerakan itu berlanjut dengan acara "Malam Anugerah" bulan Agustus 1979. Dalam 2 kali kebaktian itu, hadir 2000 siswa SMA dan mahasiswa. Kegerakan ini bukan hanya berdampak di kota Semarang saja, tetapi juga mempengaruhi kota - kota lainnya.

Kemudian muncul wadah Persekutuan Pelajar kota Semarang, Yayasan Keluarga Sangkakala. Yayasan ini melakukan beberapa kegiatan pelayanan dan mengadakan Persekutuan Kharismatik.

Persekutuan Doa "Sangkakala" dimulai diadakan di Gedung Pemuda, kemudian pindah ke Gedung Gajah Mada 2, dan ini berlangsung bertahun - tahun. Awal tahun 1991, Persekutuan Doa Sangkakala bergerak kepada bentuk Gereja, untuk menjawab panggilan kebutuhan penggembalaan domba - domba yang Tuhan percayakan. Kebaktian Minggu Pagi diawali dengan 25 orang, kemudian berkembang selama sekian waktu.

Tahun 1992 Tuhan berikan bekas Gedung Roller Skate di Permata Hijau BB 25A Pondok Hasanudin. Gedung yang berkapasitas 1000 orang saat itu terasa terlalu besar untuk jemaat yang berjumlah 300-an. Kebaktian dimulai diadakan di Ruang Serba Guna yang berkapasitas 150 orang.

Sekian waktu kemudian kebaktian pindah di Gedung Utama. Karena keterbatasan saat itu, maka dipasang terpal plastik besar menjadi atap gedung gereja. Tahun 1994 dilakukan renovasi, setelah Gereja mengalami pelajaran yang berharga dari Tuhan tentang hutang dan visi bersama.

Pada akhir 1995, Gereja mulai belajar menerapkan sistem kelompok sel atau "Mezbah Keluarga". Dengan MK ini diharapkan Gereja bisa menggembalakan Jemaat yang dipercayakan dengan lebih baik.

.

Ciri khas Gereja JKI Injil Kerajaan Semarang

Gereja Lokal JKI Injil Kerajaan Semarang digembalakan secara kolektif oleh Team Pastoral yang dipimpin oleh Pdt. Petrus Agung Purnomo.

Setiap Jemaat yang komitmen dan bersedia dimuridkan memiliki Nomor Induk Jemaat ( NIJ ). Pendataan Jemaat yang tertata ini dimaksudkan untuk dapat melayani Jemaat Tuhan sebagai Anggota Keluarga.

Penggembalaan langsung kepada Jemaat dilakukan oleh para Ketua Mezbah Keluarga ( Kelompok Sel ) sebagai kepanjangan tangan Team Pastoral. MK beranggotakan 4 - 12 orang. Pengawasan penggembalaan dilakukan bersama - sama oleh Pelayan Rayon, Pelayan Wilayah dan Gembala Wilayah, di bawah koordinasi Team Pastoral.

Ibadah Kebaktian Raya dilakukan Sabtu dan Minggu, dengan liturgi Ibadah Pujian dan Penyembahan yang dinamis.

Pemuridan Jemaat dilakukan secara langsung melalui pengajaran Gembala Sidang dalam Kebaktian Raya, sedang di dalam Mesbah Keluarga, jemaat terlibat membangun persaudaraan, kekeluargaan dan persahabatan. Dalam pembangun persekutuan jemaat NIJ ini terjadi proses saling memuridkan (dimuridkan dan memuridkan).

Keanggotaan Organisasi

JKI Injil Kerajaan terhisap dalam Sinode Jemaat Kristen Indonesia ( JKI ), terdaftar sebagai anggota PII (Persekutuan Injil Indonesia). Sinode JKI tercatat dalam Akte Notaris No. 74 ( 25-9-87 ), SK Dirjen Bimas (Kristen) Protestan No.4 Tahun 1989 Departemen Agama Jakarta. Dalam Skala Internasional, JKI termasuk dalam kelompok Mennonite.

Visi dan Misi Gereja JKI Injil Kerajaan Semarang

VISI 'WIN THE LOST AT ANY COST'

MISI 'MENJADI GEREJA SEL YANG MISIONER'

_______________________________________________________________________________


No comments: